Minyak Goreng Januari 2011 Wajib Fortifikasi

Bayu Krisnamutrhi, Deputi Menko Ekuin Bidang Pertanian dan Kelautan di sela peluncuran minyak goreng SunCo, sebuah merek minyak goreng yang menjadi pelopor minyak goreng berfortifikasi, mengatakan, pemerintah pada Januari 2011 mewajibkan setiap merek minyak goreng wajib berfortifikasi vitamin A untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Saat ini katanya di Indonsia ada 9 juta balita dan sejuta ibu muda di Indonesia yang masih kekurangan vitamin A. Sedangkan di dunia sudah lebih dari 50 negara yang menerapkan fortifikasi seperti ini. Diantara negara ASEAN, baru Singapura dan Malaysia yang melakukannya.

Minyak goreng berfortifikasi ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan gizi mikro masyarakat, sama halnya yang juga diterapkan pada produk garam beryodium dan produk tepung terigu berzat besi. Diharapkan semua industri minyak goreng kemasan mulai memproduksi minyak goreng berfortifikasi ini.

Sementara itu, Industri minyak goreng nasional Indonesia menyatakan sudah siap melakukan fortifikasi tersebut. Pihak industri minyak goreng menyadari perlunya penambahan vitamin yang dibutuhkan tubuh tersebut. Lagi pula fortifikasi vitamin A ini tidak akan menyebabkan kenaikan harga jual karena dari biaya produksi, komponen biaya fortifikasi ini tidak sampai satu persennya.

Sebagai gambaran, bila harga minyak goreng ukuran satu kilo seharga Rp10.000 maka komponen penambahan biaya fortifikasi ini hanya Rp100 perak. Padahal manfaatnya sangat besar.

Masyarakat bisa mengetahui minyak goreng yang dibelinya telah forifikasi vitamin A dengan melihat lebelnya yang dicantumkan di kemasan. Namun khusus untuk minyak goreng curah, kebijakan ini belum berlaku karena keterbatasan pengontrolan terhadap komoditas itu.

Ke depan, secara bertahap seluruh merek minyak goreng harus dalam bentuk kemasan. Khusus minyak goreng produksi usaha kecil menengah (UKM) akan dibuatkan kemasan berukuran besar yakni ukuran 25 kg dan 50 Kg.

Himbauan ini lebih ditujukan kepada minyak goreng yang sudah memiliki SNI. Mereka harus menjadi pelopor dalam fortivikasi ini.

Vimala Putra, sebagai General manager PT MONI yang memproduksi minyak goreng merek SunCo mengatakan bahwa mereka yang terdepan dalam menerapkan fortifikasi ini dan  menggunakan teknologi Jerman pada pabrik mereka.

Menurutnya, minyak goreng produk SunCo dijual dengan harga yang sama dengan minyak goreng merek lain. Saat ini ada 40 produsen minyak goreng besar yang bersaing ketat dalam industri ini. Dan SunCo merupakan merek minyak goreng yang terdepan dalam hal fortifikasi vitamin A ini.***

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

2 comments :

  1. Selamat sore.
    Mohon kiranya agar sales dari minyak goreng sun co dapat berkunjung ke toko kami karena kami berencana untuk menambah jenis barang dagangan dengan minyak goreng sunco.
    alamat toko :
    Toko Sumber rezeki
    Jl. Bintara Raya no.45B,Kranji
    Kota Bekasi.
    Tel.02130842248
    08176626649

    ReplyDelete
  2. Selamat sore.
    Kami berminat untuk menambah jenis dagangan kami dengan produk sunco n mohon agar sales berkenan mampir di toko kami :
    Toko Sumber rezeki
    Jl. Bintara Raya No. 45B, Kranji
    Kota Bekasi
    Tel.02130842248
    08176626649

    ReplyDelete


Berita Lainnya

[Berita][twocolumns]