Harga TBS Normal, Tapi Produksi Buah Sawit Menurun Akibat Trek

Walaupun harga buah kelapa sawit saat ini masih dibilang tinggi,  namun produksi buah kelapa sawit petani masih dilanda musim trek.  Kondisi ini membuat ekonomi para petani kelapa sawit masih belum bisa keluar dari kesulitan.

Berdasarkan pantauan di lapangan,  harga buah sawit saat ini masih sangat menjanjikan bila dibandingkan dengan 6 bulan yang lalu  Namun akibat musim  trek yang saat ini melanda,  akibatnya produksi jadi menurun, sehingga walaupun harga TBS kelapa sawit  cukup tinggi, namun  penghasilan para petani tidak terlalu signifikan dibuatnya.

harga tbs kelapa sawit

"Harga buah sawit saat ini masih di angka sekitar Rp. 1.700 per kg di pabrik kelapa sawit  Namun karena produksi buah sawit para petani rendah, maka hal itu tidak terlalu berpengaruh pada pendapatan petani  jelas purba, salah seorang petani kelapa sawit di Desa Pagaran, Tapah kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Purba mengakui  bahwa kondisi trek buah sawit saat ini terjadi sejak beberapa bulan yang lalu.

"Kalau sebelumnya produksi buah kelapa sawit lumayan bagus, namun harga buah sawit benar-benar jatuh bahkan mencapai titik terendah hingga  400 per kg.  Namun saat ini justru kebalikannya, ketika harga buah sawit naik dan  tinggi, justru produksi  buah sawit para petani malah rendah,"  keluhnya lagi.

Sebagai petani kelapa sawit,  Purba berharap  agar kondisi ini  tidak terlalu lama dan hal ini bisa menjadi pelajaran bagi para petani sawit  tentang  masalah yang bisa terjadi.  "Semoga  bisa dicari jalan keluarnya," ujarnya dengan penuh harap.

-----------------------------
source: RiauPos
Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Berita Lainnya

[Berita][twocolumns]