Jangan Beli Bibit Sawit Sembarangan, Petani Akan Rugi Sendiri

Para petani kelapa sawit di seluruh Indonesia diminta untuk membeli bibit sawit  yang asli dan bersertifikat  karena hal ini akan merugikan petani sendiri. Hal itu untuk menjamin kualitas buah sawit yang nantinya akan dihasilkan  dan yang akan dipetik oleh petani sendiri.

Untuk itu Kepala Dinas Perkebunan Kabutapaten Kampar Propinsi Riau,  Ir. H. Bustan mengatakan,  memang selama ini masyarakat  petani sawit banyak yang mengeluhkan hasil sawit nya kurang maksimal, malah ada yang batang sawitnya tidak berbuah, padahal sudah memeliharanya dan menanamnya selama bertahun-tahun. Ternyata hal ini disebabkan oleh  kualitas bibit sawit yang kurang maksimal.

jangan beli bibit sawit palsu tidak bersertifikat

Setelah diselidiki, ternyata petani tersebut membeli bibit sawit bukan pada perusahaan penjual bibit sawit  yang direkomendasikan, sehingga  sawit yang ditanam  tidak terjamin kualitasnya. Oleh karena itu,  Bustan menyarankan kepada petani, untuk lebih teliti lagi sebelum membeli bibit sawit yang akan ditanam di lahan miliknya.  Pilihlah  bibit sawit yang memiliki sertifikat dari instansi terkait, sehingga diharapkan akan memberikan hasil yang maksimal bila sudah berbuah

Di lapangan memang diakui sangat ini banyak sekali bibit sawit yang tidak bersertifikat  dijual bebas. Memang di antara mereka ada yang bagus tapi tidak sedikit pula yang tidak memenuhi standar dan asal-asalan, sehingga bisa mempengaruhi  kualitas dari  buah yang dihasilkan dan justru malah bisa tidak berbuah sama sekali.

"Kepada petani diharapkan untuk  memperhatikan hal ini dan jangan terpengaruh oleh harga bibit sawit yang murah, karena biasanya bibit sawit yang murah yang dijual tanpa sertifikat sebagian besar adalah bibit sawit yang  berkualitas rendah," ujarnya.

--------------------------
source: RiauPos Group
Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Berita Lainnya

[Berita][twocolumns]