Petani Sawit Akan Diuntungkan Oleh Adanya Moratorium

Moratorium untungkan petani sawit.  Hal ini karena pemerintah pusat dalam waktu  dekat  akan memberlakukan moratorium izin perkebunan kelapa sawit. Hal ini dinilai sangat menguntungkan para petani sawit  di berbagai provinsi  di Indonesia

Kenapa demikian? karena hal itu akan membuat  dunia internasional semakin percaya bahwa hasil produksi kelapa sawit di Indonesia memang ditanam bukan di lahan yang masuk ke dalam kawasan hutan yang dilindungi.  Masalahnya selama ini  di dunia Interisti International selalu diisukan negatif tentang  kelapa sawit di Indonesia . Nah, dengan adanya moratorium tersebut maka akan sangat menguntungkan bagi petani  sawit itu sendiri, baik dari segi harga  maupun dari segi yang lainnya

"Kalau dari segi harga,  kelapa sawit dapat bersaing dengan produk lainnya," kata Kepala Dinas Perkebunan Riau, Ir. Muhibbul Bashar.

Dia juga mengatakan bahwa  kelapa sawit  sebenarnya justru  bermanfaat bagi kawasan-kawasan yang terbuka dan terlantar. Apalagi perkebunan kelapa sawit dapat  mendongkrak perekonomian masyarakat  yang ujung-ujungnya tentu dapat mensejahterakan kehidupan masyarakat itu sendiri  secara lebih baik lagi.

moratorium kelapa sawit

Dalam moratorium tersebut  para petani sawit  harus tahu supply dan demand kelapa sawit di Indonesia  Hal ini karena kalau untuk kebutuhan dalam negeri kelapa sawit kita sudah melimpah,  jadi  cara yang menguntungkan adalah harus diekspor.

Masalahnya jika mengandalkan ekspor saja maka harga akan ditentukan pasar internasional.  Hal ini akan membuat harga kelapa sawit menjadi rendah,  apalagi di saat-saat perekonomian dunia tengah lesu.

"Jika sawit kita dapat dikontrol produksinya maka harga sawit dapat diprediksi dan dapat bersaing,"  tuturnya lagi.
Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Berita Lainnya

[Berita][twocolumns]