Harga Buah Sawit Diprediksi Turun Sedikit Menjelang Lebaran Nanti

Harga sawit pekan ini kembali turun. Salah seorang petani sawit warga Bagan Hulu, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir yang bernama Uwar (44 tahun) sore itu berjalan di tepian sungai sambil memindahkan satu persatu tandan buah kelapa sawit yang tergeletak di pinggir sungai ke dalam sampan miliknya. Nantinya dia akan membawa hasil kebun sawitnya itu pulang ke rumah untuk dijual keesokan harinya.

"Harga sawit pekan ini turun sedikit Pak," begitu kata Uwar saat disapa tim redaksi.

harga sawit turun di bulan ramadhan

Rencananya buah sawit miliknya akan diambil oleh pengumpul buah sawit yang keliling membeli hasil buah sawit petani di daerah tersebut. Dengan menggunakan alat bantu pengait khusus, Uwar dengan lincah menaikkan satu persatu tandan buah sawit yang dipanennya ke dalam perahu yang sudah hampir penuh dengan buah sawit.

Nantinya buah sawit itu akan dikumpulkannya di tepi rumahnya sampai menggunung di sana sampai datangnya para pengumpul yang berkendaraan truk untuk membelinya.

"Pekan lalu harga sawit mencapai Rp.1.150 per kilogram, Pak Tapi pekan ini turun Rp50 menjadi Rp.1100 per kg," tuturnya agak kecewa.

"Ya alhamdulillah hanya turun 50 perak," ujar Uwar lagi sambil tersenyum.

Saat ditanya tentang kondisi harga sawit menjelang lebaran nanti, Uwar mengatakan bahwa biasanya harga sawit akan terus turun karena di saat lebaran buah sawit melimpah.

Saat dihubungi oleh tim redaksi, Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Rokan Hilir, Drs. Syahril di Bagansiapiapi mengatakan bahwa masalah harga jual buah sawit di setiap tempat dan lokasi itu berbeda-beda.

"Tidak ada yang sama, dalam arti kondisi harganya sangat bervariasi naik dan turun setiap pekannya," tutur Syahril lagi.

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Berita Lainnya

[Berita][twocolumns]