Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Singkil Tak Miliki Tangki CPO, Kenapa?

Perletakan batu pertama di terminal CPO Pulau Sarok, Singkil tanda dimulainya pembangunan Central Tangki CPO yang dilakukan oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah dua tahun yang lalu terasa sia-sia. Pasalnya sampai saat ini, belum satu pun tangki penampungan CPO tersebut yang berdiri.

Ridwan Manik, selaku Community Development Area Manager Andalas I PT. Astra Argo Lestari, menyatakan bahwa pihak PT Perkebunan Lembah Bhakti (PLB) belum melakukan pembangunan tangki CPO karena masih harus menunggu sosialisasi regulasi dari Pemkab. Menurutnya, regulasi ini meliputi biaya sewa terminal, bea cukai, ekspor, biaya administrasi pengapalan yang notabene merupakan kewajiban perusahaan.

Selain itu, Ridwan mengatakan bahwa pihaknya juga dalam tahap menunggu kepastian keluarnya kelayakan bobot muatan kapal yang bisa berlabuh di pelabuhan, apakah hanya terbatas untuk pasar lokal saja atau sudah bisa untuk ekspor.

pabrik kelapa sawit di kabupaten singkil aceh tak punya tangki cpo

Alasan lain PLB belum membangun tangki CPO karena produksi CPO di daerah tersebut rata-rata hanya 3.500 ton per bulan, sedangkan untuk ekspor minimun 8.000 ton agar bisa muat kapal. Hal ini berkaitan dengan analisa cost angkutan CPO dengan kapal dimana rute dari PLB ke BTI Belawan via Banda Aceh terlalu jauh. Ini karena makin jauh rute maka biaya transport makin bertambah.

Dari pihak Pemkab, Azmi selaku Sekda Aceh Singkil menerangkan bahwa dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan sosialisasi regulasi ke perusahaan tersebut.

“Sosialisasi ke perusahaan secepatnya akan kami lakukan, terlabih lagi investor yang bersedia berinvestasi sudah ada,” terangnya.

Sementara itu, berbeda dengan sikap pemkab, pihak Pansus I DPRK Aceh Singkil justru mengkhawatirkan jadinya dibangun terminal CPO tersebut di wilayahnya. Dewan menilai pembangunan terminal CPO yang menganggarkan dana sekitar Rp 24 miliar tersebut terkesan terlalu dipaksakan dan belum tentu menguntungkan.


Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Berita Lainnya

[Berita][twocolumns]