Akibat Moratorium Lahan Sawit, 104 Perusahaan Pemohon Gigit Jari

Siti Nurbaya selaku Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyatakan dengan tegas bahwa pihaknya tidak akan mengeluarkan izin baru pembukaan lahan untuk perkebunan kelapa sawit. Dan saat ini sudah ada  104 perusahaan pemohon yang mengajukan izin untuk pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit baru.

Hal ini merupakan bagian dari penyusunan aturan penundaan (moratorium) izin perkebunan kepala sawit. Pemerintah juga sedang mengkaji pemohononan perluasan lahan hutan untuk perkebunan sawit. Selama ini sudah ada sekitar 1,8 juta ha yang diminta untuk dibebaskan sebagai perluasan perkebunan kelapa sawit.

moratorium pembukaan lahan sawit baru

Menurut Menteri Siti, saat ini ada proses pelepasan sekitar1,07 juta ha, ditambah 800.000 ha.

"Ini sudah kita teliti. Tapi ada yang memang izin-izinnya bisa kita lepas dan ada yang tidak, karena itu kita proses dan lain-lain," jelasnya lagi.

Untuk payung hukumnya, menurut Menteri Siti adalah Inpres. "Secepatnya, tadi penormaannya sudah ketemu. Minggu depan di cek norma-normanya," ungkapnya lagi.

Sementara itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan menambahkan bahwa saat ini pemerintah tengah menyusun aturan soal Penundaan (moratorium) Izin Perkebunan Kelapa Sawit. Untuk itu, agar aturan ini bisa terbentuk, maka perlu ada harmonisasi dan sinkronisasi aturan pada masing-masing kementerian dan lembaga terkait, termasuk dari pemerintah daerah (Pemda).

"Harus well managed, kan ada beberapa kementerian itu kan harus dipadukan. Nanti setelah ini ada pertemuan berikutnya lagi, tentu ada detailnya lagi. Dan Permen (Peraturan Menteri) kita benahi," jelasnya.

-------------------------------------------
source: http://www.merdeka.com/

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Berita Lainnya

[Berita][twocolumns]