Benarkah Minyak Kedelai Bisa Mempengaruhi Harga CPO?

Banyak para analyst masih meragukan hal ini dimana minyak kedelai bisa mempengaruhi harga CPO di bursa perdagangan dunia, dalam arti kata bila harga minyak kedelai turun maka harga CPO juga turun.
Ternyata hal itu bukanlah isapan jempol belaka. Berbagai kasus yang terjadi sudah membuktikannya.

Sebagai contoh, yang belum lama ini terjadi di bursa komoditas Malaysia dimana pada perdagangan Jumat (08/07) terpantau harga CPO turun. Penyebabkan tidak lain tidak bukan adalah karena terpicu pada pelemahan harga minyak kedelai di AS.

penyebab harga cpo turun karena

Bloomberg melaporkan bahwa harga kedelai berangsur turun dan berada di titik terendah pada enam minggu terakhir ini. Di AS, minyak kedelai untuk pengiriman Desember turun 4,5% di Chicago Board of Trade.Selain itu, pelemahan harga CPO ini juga didorong oleh menumpuknya stok persediaan CPO di Indonesia dan Malaysia akibat lemahnya permintaan.

Penurunan harga minyak kedelai ini mau tidak mau akan membuat harga CPO mengalami trend untuk juga melemah. Minyak kedelai adalah sebagai bahan baku subtitusi utama CPO dalam proses produksi biodisel.

Menurut pada Analyst di Vibiz Research Center, penurunan harga CPO berjangka pada perdagangan selanjutnya sedikit banyak dipengaruhi oleh harga minyak mentah, yang jika terus melemah akan menekan harga CPO juga. Pergerakan harga juga bisa dipengaruhi oleh pergerakan mata uang Ringgit serta kondisi permintaan dan pasokan secara global.

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Berita Lainnya

[Berita][twocolumns]