Inilah Penyebab Tren CPO Melemah Ditengah Harga CPO Yang Stabil

Derom Bangun, Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) mengatakan bahwa permintaan dan harga Crude Palm Oil (CPO) masih tetap dipengaruhi oleh krisis global yang terjadi di berbagai belahan dunia.

"Diperkirakan perdagangan CPO masih tetap dalam kondisi stabil, walaupun dengan tren melemah yang diprediksikan akan terjadi hingga akhir tahun ini. Kita harapkan pada tahun 2017 nanti, permintaan dan harga CPO akan kembali membaik menyusul perekonomian yang terus meningkat di negara-negara tujuan ekspor kita," katanya di Medan, Senin (11/7/2016) lalu.

prediksi tren harga cpo dunia

Di tempat terpisah, Wien Kusdiatmono selaku Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, mengatakan bahwa permintaan dan harga ekspor CPO masih berfluktuasi dan membuat pemasukan daerah Sumatera Utara dari golongan lemak dan minyak hewan/nabati turun 12,72%. hingga bulan Mei tahun ini.

"Kalau antara Januari sampai Mei 2015, devisa dari golongan barang yang kita peroleh masih bisa menembus US$1,322 miliar, dan pada periode sama  2016 ini, tinggal US$1,153 miliar," kata Wien Kusdiatmono belum lama ini.

Bila kita pantau, penurunan nilai ekspor hampir terjadi di setiap bulannya. Ini adalah ampak permintaan yang masih melemah dan disusul harga ekspor yang masih berfluktuatif. Sebagai contoh pada Mei lalu misalnya, nila ekspor tercatat US$229,282 juta dari posisi April yang sebesar US$255,679 juta.

Sementara itu untuk ekspor CPO Sumut sendiri tujuan terbesar masih tetap ke India, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Eropa.

Meski mengalami penurunan, kontribusi pemasukan devisa yang diterima propinsi Sumatera Utara untuk kategori lemak dan minyak hewan/nabati itu masih tetap terbesar dimana hingga Mei 2016 ini mencapai US$2,931 miliar. Cukup besar kontribusinya dibandingkan sektor lain yang diperkirakan sebesar 39,36%.

Untuk perdagangan CPO di masa ini, masih tetap dalam kondisi stabil walaupun dengan tren melemah. Diharapkan awal tahun 2017 nanti, harga CPO bisa semakin bagus menyusul membaiknya perekonomian negara-negara tujuan ekspor Indonesia.

----------------------------------
source: http://industri.bisnis.com/


Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Berita Lainnya

[Berita][twocolumns]