Pasca Bubarnya IPOP, Menko Darmin Rapatkan Barisan Bahas Moratorium Kelapa Sawit

Jakarta | Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution dijadwalkan hari ini akan melanjutkan pembahasan tentang perspektif substansi rancangan penundaan (moratorium) izin perkebunan kelapa sawit dengan sejumlah kementerian terkait seperti Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri ATR/BPN Ferry Mursyidan, Menteri KLHK Siti Nurbaya, dan Saleh Husin.


moratorium sawit pengganti ipop
Untuk diketahui bahwa saat ini pemerintah berencana mengeluarkan moratorium pembukaan laha kelapa sawit baru. Hal ini bertujuan untuk melindungi seluruh hutan yang tersisa di Indonesia dari aksi konversi dan pembakaran hutan yang tidak memperhatikan lingkungan.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menjelaskan bahwa bentuk payung hukum moratorium lahan sawit adalah Instruksi Presiden (Inpres). Namun Pramono tidak menyangkal bahwa hingga saat ini rencana tersebut masih belum dikonsolidasikan kepada para pengusaha.

Di lain pihak, Kepala Kampanye Global Hutan Indonesia Greenpeace Kiki Taufik mendukung rencana moratorium kelapa sawit yang dapat melindungi hutan Indonesia.

"Dari pernyatan Presiden Jokowi mungkin beliau bermaksud bahwa moratorium hanya berlaku pada pemberian izin HGU baru di wilayah mana pun di hutan primer dan gambut, dan mudah-mudahan akan diperluas cakupannya ke seluruh kawasan Indonesia," katanya menjelaskan.   

-------------------------------------
source: http://economy.okezone.com/
Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Berita Lainnya

[Berita][twocolumns]