WADUH...!!! Tren Positif Harga Sawit Melemah, Walaupun Diklaim Hanya Sementara

Samarinda, Kaltim | Walaupun  smpat stabil sejak awal tahun 2016 ini, namun kabar kurang sedap tetap menghampiri petani kelapa sawit di Kaltim. Mengapa? karena pada periode Juli ini, harga tandan buah segar (TBS) di propinsi ini turun tipis.

Dinas Perkebunan Kaltim menetapkan harga TBS bulan ini berada di posisi Rp 1.679,98 per kilogram. Harga ini lebih rendah dari bulan Juni lalu. Harga tersebut untuk TBS sawit umur 10 ke atas.

tren harga buah sawit yang melemah

Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim Etnawati menuturkan bahwa harga bulan Juli lalu sudah sesuai dengan keputusan Tim Penetapan Harga TBS Disbun Kaltim di Samarinda yang diadakan pada tanggal 29 Juni lalu.

Dia menjelaskan, penurunan harga ini disebabkan turunnya harga kernel. Di sisi lain, ada beberapa kenaikan tipis pada komponen transportasi maupun biaya pengolahan. Hal ini memaksa perusahaan menurunkan harga beli TBS sawit dari oara petani.

“Tapi petani jangan terlalu risau, turun naik harga dalam dunia usaha adalah hal yang biasa. Kami prediksi harga ini akan kembali membaik. Karena kebutuhan produksi TBS di pabrik kelapa sawit dalam negeri masih baik,” kata mantan Kepala UPTD Dinas Perkebunan Kaltim ini optimis.

Dalam momen terpisah, Zulkarnain selaku Akademisi Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman mengatakan bahwa bila harga buah sawit turun, itu hanyalah gejolak yang bersifat sementara. Hal ini karena prospek tanaman sawit memiliki status sebagai sumber energi baru terbarukan yang utama di Indonesia.

Sementara propinsi Kaltim, kata dia lagi, merupakan salah satu penyumbang produksi sawit cukup besar di Indonesia. Ini merupakan nilai tambah lebih bagi daerah ini.

“Oleh sebab itu pemerintah harus tetap mendukung perkembangan aktivitas perkebunan sawit di propinsi ini, dan membina petaninya. Begitu juga peran serta pemerintah pusat, harus turut juga memberikan dukungan lebih, termasuk dalam hal regulasi yang membuat sawit kita bisa terus berkembang. Sebab, kelapa sawit terbukti sudah nyata-nyata mensejahterakan rakyat,” ujarnya lagi.
(mon/man/k15)

-----------------------
source: http://kaltim.prokal.co/

 
Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Berita Lainnya

[Berita][twocolumns]