Akankah Harga CPO Tetap Naik Ketika Malaysia Sedang Libur?

Tercatat hari ini, harga komoditas minyak sawit mentah (CPO) untuk kontrak pengiriman Januari 2020, ditutup menguat tipis sebesar 0,59 persen pada level 2.398 ringgit/ton.

Akankah Harga CPO Tetap Naik Ketika Malaysia Sedang Libur?

Tren meningkatnya harga CPO merangsek pada pertengahan bulan Oktober lantaran dipengaruhi sentimen positif melonjaknya ekspor minyak sawit Malaysia.

Menurut survei yang dilakukan oleh AmSpec Agri Malaysia, per periode 1-25 Oktober, ekspor Malaysia melonjak hingga 9 persen dibanding bulan sebelumnya.

Sentimen tersebut mampu menutup adanya gempuran netaif terkait kabar India yang akan mengurangi impor CPO dari Malaysia.

Antara kedua pihak terjadi ketegangan menyusul pernyataan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohammad yang dinilai ikut campur urusan dalam negeri India, khususnya terkait kontrak Kashmir.

Untuk hari ini, tidak hanya di India saja, melainkan di Malaysia merayakan Deepavali (Diwali) lantaran setidaknya 6,3 persen rakyat Malaysia populasinya menganut agama Hindu.

Adanya perayaan tersebut juga sangat identik dengan peningkatan permintaan minyak sawit, untuk keperluan memasak hidangan pesta dalam perayaan.

Dan pergerakan harga CPO, ikuti dipengaruhi ileh sentimen kelanjutan panasnya hubungan India-Malaysia. Namun bisa juga karena pengaruh pergerakan kurs Ringgit-Dolar, dan juga harga minyak nabati jenis lain.
Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Berita Lainnya

[Artikel][twocolumns]