Jelang Implementasi B30, Ini Kuota Biodiesel Yang Tersedia

Gencarnya peningkatan pencampuran biodiesel sebesar 10% menjadi B20 di Malaysia serta B30 di Indonesia pada tahun depan akan mempunyai dampak terhadap penyerapan produksi biodiesel dan juga minyak sawit nasional ataupun global.

Jelang Implementasi B30, Ini Kuota Biodiesel Yang Tersedia

Dengan tingginya pencampuran bahan bakar biodiesel yang ditarget tersebut tentu akan mengurangi ketergantungan pada impor bahan bakar fosil.

Meski baru ditentukan tahun depan, namun rencana tersebut diklaim mampu menyerap 8 hingga 9 ton minyak sawit mentah (CPO) atau sekitar 18-20% dari total produksi CPO tahunan.

Sepanjang tahun depan, keputusan kementerian energi dan sumber daya mineral (ESDM), menyatakan bahwa campuran biodiesel akan dipasok setidaknya oleh 46 entitas ke 18 perusahaan.

Apabila program biodiesel Indonesia sudah diterepapkan sepenuhnya, maka penggunaan minyak sawit di pasar domestik bisa meningkat hingga lebih dari 60%. Jumlah tersebut terbilang meningkat dibanding tahun ini yang hanya sekitar 40 hingga 50%.

Bahkan permintaan CPO global diperkirakan akan mencapai hingga 36 juta ton pada akhir 2019 nanti. Dengan demikian, tidak hanya mempunyai dampak pada impor minyak fosil, melainkan juga mensejahterakan para petani sawit.
Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Berita Lainnya

[Artikel][twocolumns]