Dinas Perkebunan Bengkulu Utara Usulkan Sarana Dan Prasarana Kelapa Sawit

Untuk bisa meningkatkan produksi dari sisi nilai tambah dan mutu perkebunan sawit para petani, Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkulu Utara mengusukan program kepada Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDKS), Kementerian Pertanian.

Dinas Perkebunan Bengkulu Utara Usulkan Sarana Dan Prasarana Kelapa Sawit

Usulan tersebut mengenai program pengembangan, peremajaan, serta sarana dan prasarana perkebunan kelapa sawit di tahun 2020 mendatang.

Informasi mengenai usulan tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perkebunan Bengkulu Utara, Buyung Azhari ketika ditemui awak media, Kamis (21/11/2019).

”Ya, dalam program tahun 2020 mendatang, selain program replanting kita juga saat ini sedang mengusulkan program pengembangan sarana dan prasarana perkebunan sawit ke BPDKS Kementerian Pertanian,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa saat ini pihaknya telah melakukan sosialisasi pada kelompok tani kelapa sawit yang terdapat di Kabupaten Bengkulu Utara.

Program yang ditarget tersebut akan berfokus pada sarana dan prasarana seperti halnya jalan ke kebun dan akses ke jalan umum untuk menuju ke pelabuhan, dan lain-lainnya.

Terlepas dari itu, program juga akan menarget penyaluran benih, pupuk, alat pasca panen, transportasi, serta mesin pertanian hingga pada pembentukan infrasturktur pasar.

“Program ini semuanya untuk meningkatan produksi, produktivitas nilai tambah dan mutu hasil perkebunan sawit bagi para petani sawit,” lanjutnya.

“Kita berharap pedum dan juknis dari BPDKS dari Dirjend Kementerian Pertanian ini segera turun sehingga program ini dapat segera terealisasi. Dikarenakan dari pemerintah pusat pengelolan perkebunan sawit milik para petani harus sama pengelolaannya dengan perkebunan sawit swasta lainnya. Ini juga salah satu gebrakan kita terkait dengan banyak keluhan para petani sawit. Salah satunya dengan harga sawit yang rendah bila dibandingkan dengan kabupaten tetangga,” tandasnya.
Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Berita Lainnya

[Artikel][twocolumns]