Diterapkan Lebih Awal, Ini Harga B30

Industri kelapa sawit di Tanah Air akan semakin bergairah. Sebab penerapan mandatori biodiesel (B30) yang direncanakan akan mulai diterapkan sejak 1 Januari 2020.

Diterapkan Lebih Awal, Ini Harganya B30

Justru saat ini sudah mulai tersedia pada beberapa SPBU di Jawa Tengah. Percepatan tersebut tentu akan memperbesar supply minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dalam negeri.

Dijelaskan oleh Muhammadsjah Djafar selaku Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Kaltim, untuk saat ini pencampuran biodiesel dengan solar sudah dipercepat.

Bahkan pada wilayah Jogjakarta, serta beberapa wilayah di lain Jawa Tengah, telah dipasarkan di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Semula jadwal akan dimulai pada 1 Januari 2020, namun penjualan tersebut dipercepat. Akan tetapi, hasil penggunaan B30 untuk kendaraan masih akan diumumkan pada minggu ini.

“Kalau optimisme kita, pemanfaatan B100 sangat memungkinkan untuk kendaraan jika kita lihat progresnya saat ini,” paparnya.

Ia menilai, B30 juga mempunyai harga yang bisa bersaing. Akan tetapi, harga B30 masih sama dengan biosolar (B20) yang sekarang, yakni Rp 5.150/liter.

Dalam hal ini, percepatan pemakaian B30 akan mempunyai dampak positif bagi kemandirian energi nasional dan juga perkebunan sawit.

Pasalnya, keseluruhan secara penuh bisa di stok dari dalam negeri, baik itu untuk biodiesel ataupun solar yang diproduksi pada kilang Pertamina.
Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Berita Lainnya

[Artikel][twocolumns]