Tidak Hanya CPO Dan TBS, Kenaikan Harga Juga Terjadi Pada CPKO

Seperti yang tercatat pada data CIF Rotterdam, terjadi kenaikan harga minyak inti sawit mentah (crude palm kernel oil/CPKO) sebesar 6,72 persen dari USD 670 per MT, menjadi USD 715 per MT pada periode I November 2019.

Tidak Hanya CPO Dan TBS, Kenaikan Harga Juga Terjadi Pada CPKO

Sedangkan untuk standar harga CPKO pada pasar global, lebih tinggi dibanding dengan CPO yang mencapai selisih antara USD10 hingga USD30 per Metrik Ton.

Dalam hal ini, ekspor CPKO Indonesia pada bulan September 2019 lalu, meningkat sebesar 41 persen dibanding dengan bulan sebelumnya.

Terlepas dari itu, Malaysia Palm Oil Board (MPOB) merilis data penurunan produksi palm kerel sebesar 2,24 persen dari bulan sebelumnya.

Sedangkan permintaan CPKO dari negara China mengalami peningkatan hingga 61 persen.

Sentimen pemicu dari naiknya harga tersebut berupa jumlah produksi dan stok CPKO dalam negeri. Pasalnya mulai berkurang dan pemintaan negara importir semakin meningkat di akhir tahun.

Karena berkurangnya produksi minyak sawit di Indonesia dan Malaysia, disebabkan oleh keadaan cuaca kering yang melanda beberapa wilayah Asia Tenggara.

Kekeringan tersebut terjadi sejak Agustus lalu serta berdampak signifikan pada produksi CPO dan CPKO hingga pertengahan 2020 mendatang.
Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Berita Lainnya

[Artikel][twocolumns]