Perdagangan Hari Ini, CPO Cetak Rekor Tertinggi Baru

Pada perdagangan Jumat (13/12/2019), harga komoditas minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO), kembali mencetak rekor tertingginya.

Perdagangan Hari Ini, CPO Cetak Rekor Tertinggi Baru

Harga CPO masih terus mencetak rekor terbaru pasca muncul kekhawatiran akan adanya pelemahan dari sisi pasokan. Hal tersebut juga ditunjang dengan musim kemarau panjang.

Untuk hari ini, harga CPO berada di posisi RM 2.920/ton atau naik sekitar 1 persen dibanding dengan perdagangan kemarin.

Apabila dibanding dengan posisi harga CPO pada Jumat pekan kemarin, harga hari ini sudah naik hingga 2,2 persen.

Dengan tingginya harga sawit saat ini, bisa dijadikan indikasi pasar yang masih khawatir akan resiko berkurangnya pasokan di tengah permintaan yang semakin tinggi di tahun depan.

Curah hujan yang rendah di awal tahun untuk Indonesia dan malaysia, diperkirakan akan berdampak pada menurunnya produksi di semester pertama tahun 2020.

Terlepas dari itu, petani juga menggunakan pupuk yang lebih rendah lantaran harga CPO yang tertekan serta mencapai titik terendah pada beberapa tahun terakhir.

Dengan demikian, persediaan minyak sawit Malaysia bulan November juga turun hingga paling terendah sejak tiga bulan terakhir.

Hal tersebut dikarenakan penurunan produksi musiman. Akan tetapi, ekspor Malaysia turun akibat penurunan pembelian para importir besar.
Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Berita Lainnya

[Artikel][twocolumns]