Saat Ini Minyak Sawit Masih Menjadi Isu Strategis

Besarnya permintaan pasar global, mungkin bisa menjadi dinamisasi akan keberadaan minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan juga beberapa produk turunannya.

Saat Ini Minyak Sawit Masih Menjadi Isu Strategis

Hal tersebut lantaran keberadaan minyak sawit dan turunannya tersebut diketahui sehat untuk dikonsumsi manusia dan juga ramah lingkungan.

Meski begitu, beberapa kalangan masih berkutat untuk menolak keberadaan CPO. Akan tetapi, pasar global kian menjadikan minyak sawit sebagai primadona pasar.

Dengan demikian, minyak sawit juga menjadi indikator utama untuk pemerintah Indonesia, khususnya terkait dengan pentingnya minyak sawit sebagai penggerak ekonomi nasional.

Dikarenakan masih berorientasi pasar ekspor, minyak sawit asal Indonesia selalu memperoleh berbagai hambatan perdagangan.

Didasari pula oleh beberapa persoalan sosial dan lingkungan, sering diangkat menjadi isu utama dari keberadaan CPO yang diperdagangkan.

Salah satunya ialah pasa Uni Eropa yang selalu mempertanyakan produksi CPO yang dihasilkan. Meski telah ada sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) yang berlaku mandatori dan Roundable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

Adanya sertifikasi ISPO dan RSPO, memperkuat keberadaan CPO dan Produk turunannya secara berkelanjutan.

Serta tidak menggugah para pembuat kebijakan guna melonggarkan aturan perdagangan ke pasar Uni Eropa.

Mulai dari hambatan tarif ataupun non tarif, sangat sering menjadi batu sandungan untuk ekspor CPO serta produk turunannya ke Pasar Uni Eropa.
Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Berita Lainnya

[Artikel][twocolumns]