Untuk Menjaga Pasokan, Komoditas Sawit Perlu Dijaga

Terdapat dugaan bahwa tata kelola di sektor perkebunan kelapa sawit masih kurang baik. Hal tersebut sangat tampak dari proses replanting yang tidak berjalan secara merata.

Untuk Menjaga Pasokan, Komoditas Sawit Perlu Dijaga

Akan tetapi, hal tersebut tidak juga menjadi tolak ukur untuk menyebut jika komoditas sawit juga buruk. Pasalnya menurut fakta, saat ini sawit menjadi penyumbang devisa terbesar untuk Indonesia.

Meski untuk mengembangkan lahan kedepan tidak hanya kelapa sawit, namun bisa juga dengan dikembangkanya komoditas lain.

Terkait dengan kenakalan yang terdapat pada sektor kelapa sawit, terbilang sangat sulit untuk dijelaskan.

Pasalnya, hal tersebut juga memerlukan klarifikasi dari smua stakeholder serta bisa juga dengan membuat penyanggahan mengenai hal tersebut.

“Apalagi saat ini sektor sawit telah menjadi gantungan hidup bagi 6,7 juta KK, belum termasuk anggota keluarga lain semisal anak berarti angkanya bisa lebih tinggi,” ungkap Sekretaris Direktorat  Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian RI, Antarjo Dikin belum lama ini.

Sebenarnya, sawit masih menjadi komoditas yang meraik meski saat ini harga minyak sawit masih rendah.

Akan tetapi, dengan adanya kebijakan pengembangan energi alternatif biodiesel berbasis sawit, diharap bisa mendukung penyerapan minyak sawit Indonesia.

“Sebab itu guna mendukung kebijakan tersebut komoditas ini perlu dijaga dengan baik, sehingga pasokan bisa berjalan dengan lancar, bila tidak dijaga maka dipastikan akan muncul kesulitan ditingkat pasokan,” pungkasnya.
Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Berita Lainnya

[Artikel][twocolumns]