Pekan Ini Tercatat Harga TBS Kelapa Sawit Masih Naik

Pada setiap kelompok umum, harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di periode 1 hingga 7 Januari 2020 mengalami kenaikan.

Pekan Ini Tercatat Harga TBS Kelapa Sawit Masih Naik

Jumlah dari kenaikan terbesar, pada kelompok umur 20 tahun mengalami kenaikan hingga Rp22,74 per kilogram dibanding dengan harga pekan lalu. Sehingga untuk periode saat ini, harga TBS menjadi Rp2.037,52 per kilogram.

Dijelaskan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Riau, Ferry Hc, kenaikan harga TBS dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.

Dari sisi faktor internal, kenaikan harga TBS disebabkan naiknya harga jual CPO serta kernel dari sebagian perusahaan yang menjadi sumber data.

"Meskipun ada yang mengalami penurunan harga namun kenaikan masih lebih besar.  Untuk harga jual CPO, Sinar Mas Group mengalami penurunan sebesar Rp42,16 per kilogram, dan Asian Agri Group mengalami kenaikan sebesar Rp156,63 per kilogram dari harga pekan lalu. Sedangkan untuk harga jual kernel, Asian Agri Group mengalami kenaikan sebesar Rp137,00 per kilogram dari harga pekan lalu," terangnya.

Sedangkan untuk faktor eksternal, kenaikan harga TBS tersebut lantaran adanya kekhawatiran akan resiko penipisan pasokan di tengah tingginya permintaan tahun depan.

"Gapki mencatat produksi minyak sawit sepanjang Januari-Oktober 2019 naik 11,26 persen dibanding periode yang sama tahun lalu mencapai 44,05 juta ton," imbuhnya.
Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


Berita Lainnya

[Artikel][twocolumns]